hidroponik-lapak-nasa

tempat berbagi dan belajar tentang hobi berkebun, menanam buah-buahan dan sayuran. Pada kesempatan kali ini kita akan belajar menanam hidroponik sederhana yang bisa diaplikasikan secara mudah di rumah atau di pekarangan. Teknik cara menanam hidroponik menggunakan media air ini ditujukan untuk para pemula yang baru saja mengenal tanaman hidroponik dan ingin mencoba menanam sayuran hidroponik seperti cabe, kangkung, tomat dan lain-lain. Maka nantinya dalam teknik hidroponik ini kita tidak akan memerlukan peralatan ataupun bahan-bahan ideal yang sulit diperoleh tapi hanya memanfaatkan apa yang sudah ada di sekitar anda seperti botol bekas, botol gantung dan media tanam sederhana lainnya.

Potong Rockwool
Langkah pertama adalah memotong rockwool kecil-kecil dengan gergaji besi tanpa gagang. Besar kecilnya potongan dapat disesuaikan besarnya netpot dan jenis tanaman. Untuk sawi atau selada, biasa dipotong kecil-kecil sekitar 2 cm saja. Untuk tanaman kangkung, karena ditanam dalam jumlah banyak dalam satu netpot dapat dibuat lebih besar lagi. Atur rockwool dalam tray semai. Jika tidak ada tray semai khusus, cukup gunakan wadah dari nampan atau baki plastik.

Setelah rockwool terpotong rapi, buat lubang tanam dengan menggunakan tusuk gigi atau lidi yang diruncingkan. Kedalaman lubang baiknya minimal dua kali ukuran ketebalan biji. Dengan cara ini, jika akar tumbuh di bagian atas, biji tidak akan kesulitan menemukan bagian media semai.

Apa Itu Rockwool ???
“Rockwool merupakan salah satu media tanam hidroponik yang paling banyak digunakan oleh petani/hobis hidroponik khususnya di Indonesia. Rockwool merupakan media tanam anorganik yang berbentuk menyerupai busa, memiliki serabut-serabut halus dan bobotnya sangat ringan. Busa ini terbentuk dari batuan basalt yang dipanaskan dengan suhu sangat tinggi hingga meleleh, kemudian mencair dan terbentuklah”

“Rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara, yang dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.”
2. Harga Pasaran Rockwool
Ini daftar Harga yang saya ambil dari beberapa sumber (21 Mei 2015). Hanya sebagai rujukan dan harga dapat berubah sewaktu-waktu.
1 Slab (100cm x 15cm x 7,5 cm) Harga Rp.55.000,- (Sumber lain harga antara 65rb s/d 75rb)
1 Ball (isi 6 slab ) harga Rp.750.000,-
Rockwool Potongan 1/10 Slab (10cm x 15cm x 7,5 cm) harga Rp.10.000,-
Jika Anda bertanya apakah saya menjual rockwool?? Saat ini saya belum menjual rockwool.
Rockwool Batang 1 Slab (100cm x 15cm x 7,5 cm)
Rockwool Batang 1/10 Slab (10cm x 15cm x 7,5 cm)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s